13 Pertanyaan dalam usaha C59

1. Kapan ia memulai usaha ? Dimana ? dan apakah dengan usaha yang sama ?

Jawab : C59 merupakan kependekan dari Caladi Lima Sembilan, ini merupakan nama salah satu gang di kota Bandung. Ditempat ini Marius Widyarto Wiwied yang lebih dikenal dengan nama Wiwied memulai usahanya dalam bidang industri garmen khususnya tshirt printing (kaos oblong sablon). Usaha garmen ini dimulai pada tahun 1980.

Nama perusahaan C59 sendiri berasal dari alamat rumah, dimana Pak Wiwied dan Ibu Maria pertama kali tinggal, yaitu Jl.Caladi No.59 Bandung. Pada awalnya bisnis C59 pertama kali adalah melayani pesanan T-shirt bergambar yang pada masa itu teknik pengerjaannya masih manual, belum menggunakan computer.

Dari awal Pak Wiwied hanya membuka usaha ini hingga sekarang.

2. Apakah ia Mengembangkan usahanya dengan usaha mandiri ?

Jawab : ya, karena kesuksesan C59 tidak lepas dari kepiawaian penggagasnya, Marius Widyarto atau yang akrab dipanggil Mas Wiwied. Bermula dari rasa gusarnya melihat teman-temannya yang memamerkan kaos bergambar kota mancanegara buah tangan dari orang tuanya usai bepergian dari luar negeri, Wiwied kemudian tertantang untuk membuat sendiri kaus bergambar patung Liberty dan kota New York dan sesumbar bahwa omnya juga baru datang dari luar negeri,sejak saat itulah ia semakin dikenal sebagai orang yang piawai membuat kaus, sampai-sampai, ketika ia bekerja di sebuah perusahaan kontraktor, ia lebih sering didatangi orang untuk urusan pesanan kaus daripada untuk pekerjaannya.

3. Darimana sumber modal awal usaha ? apakah dana sendiri atau dari luar ? sebutkan darimana dan berapa jumlah modalnya ?

Jawab : Pada awalnya berbentuk badan usaha perseorangan dengan modal awal sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah). Modal awal ini diperoleh dari hasil penjualan kado perkawinan Wiwied dengan Maria, istrinya yang dinikahi pada tahun 1980. Modal sebesar itu digunakan untuk membeli 2 unit mesin jahit dan 1 unit mesin obras, juga bagi modal kerja untuk belanja bahan baku dan upah.

4. Dimana ia pada saat awal memasarkan produknya ?

Jawab : Ia memasarkan produknya dirumahnya sendiri. Pada awalnya bisnis C59 pertama kali adalah melayani pesanan T-shirt bergambar yang pada masa itu teknik pengerjaannya masih manual, belum menggunakan computer.

5. Apakah ia menjual produk yang sama ?

Jawab : Ya, ia menjual t-shirt dari awal ia membuka usaha ini.

6. Siapa pemilik usaha tersebut pada awal hingga sekarang ?

Jawab : Pemilik usaha tersebut dari awal hingga sekarang adalah bapak Marius Widyarto atau yang akrab dipanggil Mas Wiwied.

7. Apakah bentuk kepemilikannya ? 

Jawab : Pada tahun 1991 C59 secara resmi menjadi perseroan terbatas (P.T.) yang disahkan oleh Departemen Kehakiman.

8. Berapa tenaga kerja pada saat awal dan saat ini ?

Jawab : awalnya ia bekerja sendiri dengan dibantu oleh sang istri kemudian pada saat ini ia memiliki sekitar 460 karyawan produksi dan 80 karyawan administrasi dan pemasaran.

9. Apakah ada system manajemen tertentu sekarang ?

Jawab : ada, dengan Bpk.Marius Widyarto Wiwied, sebagai Direktur Utama (hingga saat ini), yang dilanjutkan dengan melakukan ekspansi kebeberapa kota di Indonesia, dengan mendirikan took sendiri dan menjalin kerja sama dengan Ramayana Depart.Store sebagai saluran distribusi.

10. Apakah ada orang yang di tunjuk sebagai ketua atau coordinator dalam usaha ?

 Jawab : tidak ada, karena ia mengatur semuanya sendiri.

11. Apakah prestasi yang di capai oleh usaha tersebut ? darimana ?

 Jawab : Tahun 1996, C59 memperoleh penghargaan Upakarti untuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM).

Tahun 1999, PT.C59 memenangkan penghargaan internasional Merit Award untuk kategori tema : Kalender Terbaik (Best Calender Theme).

Tahun 2000, pada usia ke-20 C59 mulai memasarkan produknya ke Eropa Tengah seperti : Ceko, Slovakia dan Germany). Sedangkan untuk mengembangkan pasar lokal nasional C59 menjalin kerja sama dengan Matahari Department Store. Konsep dan varian produknya juga berubah dari “Basic T-shirt” atau kaos oblong menjadi “Fashion Apparel” dengan segmentasi kalangan remaja usia 14-24 tahun.

Tahun 2001, C59 memperoleh peringkat pertama di ajang penghargaan Enterprise 50 (50 UKM Nasional Terbaik) yang diselenggarakan oleh Accenture dan Majalah SWA

Ketika tahun 2002-2003, PT.Caladi Lima Sembilan andil peran dalam trend para kawulamuda, dengan mengadakan C59 Street Fiesta, yang digelar di 3 kota besar dijawa, antara lain Bandung, Surabaya, Yogyakarta.

Pada tahun 2004, C59 sesuai selogannya “Express Your Style”, C59 ikut ambil bagian dalam mengekspresikan music anak muda, dalam saing Indonesian Idol, berkerjasama dengan sebuah RCTI dan Fremantle Media Enterprises, Ltd. (penyelenggara acara reality show dari Amerika)

Tahun 2007, C59 mendapat penghargaan Hade Award dari dinas perindustrian Jawa Barat, dan KICK (Kreative Independent Clothing Kommunity), sebagai pelopor perclothingan di Bandung Jawa Barat.

12. Menurut anda apakah usaha tersebut usaha sukses 7 aspek kelayakan usaha ?

 Jawab : Ya, karena menurut saya usaha tersebut ada yang memenuhi beberapa aspek yang ada dalam aspek kelayakan usaha.

13. Menurut anda apakah usaha tersebut dapat bertahan lama dan berkembang. Jelaskan !

Jawab : Ya, usaha yang ia jalankan dapat bertahan lama, karena dapat dilihat dari penghargaan yang didapat dan juga produknya sudah dikenal.

2 responses to “13 Pertanyaan dalam usaha C59

  1. saya masih kekurangan informasi utk bahan lap. kkl pada point ke-4 yaitu berapa jumlah potongan yg dihasilkan perharinya dengan jumlah TK 2 orang tersebut, lalu apa kendala awal dari mendirikasn usaha tsb .
    BTW thank’s informasinya sudah sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s